Sidak ke Blok Hunian, Lapas Narkotika Jakarta Gandeng Kepolisian dan BNNK Jakarta Timur


JAKARTA, Dekannews.com - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58, Lapas Narkotika Jakarta, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih yaitu inspeksi mendadak (Sidak) blok hunian Warga Binaan (Narapidana), Kamis (21/4/2022) untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Pihak Lapas Narkotika Jakarta melakukan sidak bersama dengan jajaran Aparat Penegak Hukum (APH) yakni Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, dengan dipimpin langsung oleh Kalapas Narkotika Jakarta Bayu Irsahara, dan beranggotakan jajaran pejabat struktural, Tim Satops Patnal Pemasyarakatan dan petugas Lapas Narkotika.

Sidak ini pun dihadiri oleh Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Abdul Aris, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, beserta jajaran lainnya.

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan apel kesiapan petugas serta pengarahan dari Kalapas. Dia menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan HBP ke-58. Ia meminta jajarannya pada saat penggeledahan untuk bersikap humanis dan ramah kepada para warga binaan.

“Tetap jaga sopan santun dan bersikap humanis kepada warga binaan yang akan digeledah serta dalam pelaksanaan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” katanya.

Bayu juga menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud deteksi dini yang dilaksanakan oleh Lapas Narkotika Jakarta.

“Hal ini juga sebagai deteksi dini Lapas dan Rutan se-Indonesia khususnya Lapas Narkotika Jakarta untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam bidang keamanan serta implementasi 3 kunci pemasyarakatan maju plus back to basic,” tutur Kalapas. (bs)